Rabu, 21 Desember 2011

Mengatasi Virus autorun.inf

Autorun.inf adalah sebuah file yang berisi kode yang dirancang untuk memulai suatu aplikasi dengan otomatis. File ini biasanya dimasukkan pada CD/DVD, flashdisk. Contohnya pada saaat Anda memasukkan sebuah CD software ke komputer Anda, dan tanpa Anda membuka isi CD yang Anda masukkan, tiba-tiba software langsung masuk pada tahap penginstalan. Nah, seperti inilah cara kerja dari file autorun.inf yang sudah diberi kode untuk menjalankan sebuah aplikasi. Bahaya file autorun.inf ini adalah jika file ini telah diprogram untuk menjalankan virus ganas secara otomatis yang dapat menyerang komputer kita.

Virus ini hanya akan tampil seperti gambar di bawah dengan otomatis dan berulang-ulang sampai hampir memenuhi layar komputer Anda. Maka saya anggap virus ini bukan merupakan virus yang berbahaya, namun menjengkelkan. Berikut tampilan jendela virus yang menggunakan file autorun.inf.

image

Jadi, sebenarnya nama autorun.inf sendiri tidak merupakan nama virus, namun pada beberapa virus memakai file ini. Yang akan kita bahas dalam demo kali ini adalah virus yang menggunakan file autorun.inf pada flashdisk, dan akan bekerja secara otomatis. Biasanya kita mengatasi virus ini dengan PCMAV (karena antivirus ini lebih sensitif terhadap virus lokal). Dalam demo kali ini kita akan mempelajari cara yang berbeda dalam mengatasinya.

Menggunakan gpedit.msc

Ikuti langkah-langkah untuk mengatasi virus autorun.inf:

1. Klik Start – pilih Run.

2. Tuliskan gpedit.msc.

3. Tekan Enter atau OK.

image

Setelah itu akan muncul jendela baru, yaitu Group Policy.

4. Pada jendela Group Policy masuklah pada User Configuration – Administrative Templates – System.

5. Pada bagian kanan jendela Group Policy carilah setting “Turn off Autoplay”.

6. Klik dua kali (klik kanan – Properties) pada “Turn off Autoplay” maka akan keluar jendela baru, yaitu Turn off Autoplay Properties. Gantilah tanda centang menjadi enable. Dan pada “Turn off Autoplay on:” gantilah dengan All drives.

7. Kemudian tekan OK/Enter, maka system autoplay untuk semua drives (termasuk CD-ROM drives) telah dinonaktifkan.

image

Berikut tampilan Turn off Autoplay Properties.

image

8. Untuk mencoba apakah Autoplay pada komputer sudah mati, coba masukkan CD/DVD atau flashdisk ke dalam computer Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar